Friday 26 July 2024

SEO Checklist For Blogger Winning The SERP

SEO Checklist For Blogger Winning The SERP


Semua pemilik website pasti ingin websitenya berada di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page) karena berpotensi mendatangkan lebih banyak trafik, namun masih banyak yang belum mengetahui bagaimana caranya, termasuk aku.

Beruntungnya aku bisa ikut kelas  gratis namun ilmunya luar biasa sangat bermanfaat  yang diadakan oleh BRT Nertwok  Global World  pada  tanggal 19 Juli yang lalu. Kelas special yang membahas “SEO CHECKLIST FOR BLOGGER WINNING THE SERP dengan narasumber  Mas Miftahulk seorang digital marketing enthusiast yang telah berkecimpung di bidang digital marketing kurang lebih selama 8 tahun, jadi pengalamannya udah banyak banget dan nggak usah diragukan lagi.

Skill  dasar konten writer


SKILL DASAR KONTEN WRITER

 Untuk menghasilkan tulisan yang bagus kita harus menguasai skill dasar konten writer, yang pertama kemampuan kreatif dimana seorang konten writer harus mampu menghasilkan ide-ide kreatif dan menarik untuk konten mereka. Yang kedua solutif. Actionable, comprehensive, trustworthy, targeted. Ketrampilan teknis, menguasai tools dan paham cara kerja search engine.

Kemampuan menulis di blog itu hasil tulisannya harus menjadi value untuk orang lain, kecuali tulisan kita itu untuk blog pribadi  yang membahas hal-hal pribadi yang ingin di dokementasikan dan tidak ingin orang lihat.

Tapi jika kita targetkan sesuatu yang gede seperti engament, trafik maka tulisan kita harus solutif. Di dalam  artikel yang solutif ada actionablenya yang memastikan setiap tulisan dapat dicari oleh mesin pencari,detail, terperinci tulisannya dan lebih tertarget.

Otomatis karena memiliki target pembaca, kita harus menguasai ketrampilan teknis, menguasai tools dan paham cara kerja search engine  untuk crawling, indexing dsb

 

PENGEMBANGAN TOPIC HALAMAN

BRAINSTORMING

 Harus selalu brainstorming agar menghasilkan ide-ide segar dan inovatif untuk konten yang menarik.

STORYTELLING

Mengemas konten dengan narasi yang memukau dan mengikat audiesns,

story telling yang bagus membuat pembaca betah membaca sampai akhir tulisan contoh website yang bagus story tellingnya backlinko.com, tulisannya bagus banget, panjang tapi runut dari paragraf per paragraf dari awal sampai akhir

BASE ON DATA

Menciptakan konten yang sel;alu berkembang berdasarkan data yang telah dianalisa, jadi tidak menjadi asumsi. contohnya :konten-konten viral, mencari konten-konten baru


POSITIONING

SET TARGET UTAMA BLOG, tujuan membuat blog apa: misal klik dokter mengedukasi terkait layanan kesehatan. ini yang benar-benar harus dipikirin dari awal. jadi jangan sampai bikin blog  sekadar yang terlintas kepala, harusnya dipikirin apa aja yang akan ditulis diblog, apa yang ingin digapai. terus lihat blognya arahhnya kemana. lifestylekah, news atau apa.

JANGAN UTAMAKAN SEO

Karena akan terpaku bikin keyword di  url, keyword di judul, keyword di kategorisasinya. Pendekatan SEO jangan sampai hanya untuk mesin pencari saja, karena yang baca artikel, yang butuh artikel kita adalah manusia sungguhan bukan mesin pencari. 

PAHAMI AUDIENCE ANDA

Siapa yang baca tulisan kita, contoh ada istilahnya jokes bapak-bapak audiencenya gen z yang otomatis ditinggalin


Jujur aku udah tertampar banget pas bahas ini, karena blogku kubuat yang sekedar aja, hanya iseng   buat  ngegalau dulu, tapi sekarang lagi coba untuk serius ngeblog. Yang jadi pertanyaan apakah tulisan lama kudu dihapus atau biarin aja atau mending bikin blog baru dan mulai mikirin semua detail tulisannya. Terus apa jawabin comment-comment di blog ngebantu blog kita dapat trafik lebih, lebih keindeks google, atau tidak ada pengaruh sama sekali?

SEO ceklist For Blogger Winning The SERP


NAVIGASI WEBSITE

CRAWLING STATUS PASTIKAN WEBSITE MU MENGIZINKAN SETIAP BOT MASUK UNTUK DAPAT MEMBACA SEMUA ISI HALAMANMU.( ini pembahasannya dah masuk berat buat aku)

bukan semata-mata hosting, tau-tau ke index google ada concern  websitenya boleh dikunjungi oleh google. Udah diizinin google bot masuk halaman ternyata yang diliat google  bot hanya hitam putih, users lihatnya ada  gambar, tulisan. itu tandanya javascriptnya full, nggak dirender atau tidak ditampilin di servernya  karena google hanya bisa melihat isi server yang hanya html saja kalau html tidak ke render di website itu tid

WEBSITE NAVIGATION.

1.KATEGORI

2. BREADCRUMB/ remah roti kalau bahasa Inggris tempat asalnya isi artikel

3. LINGKING bukan backlink. Setiap halaman benar-benar saling terkait internal lingkingnya kuncinya website bisa  tinggi trafiknya. Internal lingkingnya terarah, hal sepele yang kadang orang malas melakukannya.

contoh: satu artikel penyakit jantung, di dalamnya ada jantung koroner. jadi google paham kalau penyakit jantung nggak hanya jantung saja dan nggak cukup pembahasan mengenai jantung.

EXPERIENCE

CORE WEB VITAL menjawab semua kebutuhan users speed, readibility halaman, ketersediaan halaman

YOUR MONEY YOUR LIFE adalah website yang mempengaruhi kehidupan seseorang

TIDAK YMYL pemenanng penghargaan musik, berita tentang olahraga, perjalanan hidup. reviews gadget

MUNGKIN YMYL berita cuaca, kecelakaan. mobil, cara membersihkan gigi

PASTI YMYL bangking, industri kesehatan, pendidikan, berita tindak pidana, hukum, farmasi. contoh; ruang guru di bidang pendidikan

Turunan YMYL disempurnakan  menjadi E-E-A-T, semua website harus dilakukan apalagi yang YMYL statusnya.

EXPERIENCE

konten berdasarkan pengalaman penulis atau dapat mengungkapkan pendapat pribadi

contoh: klik dokter sebagian penulisnya dokter


EXPERTISE

konten yang ditulis oleh ahli, yang memiliki kredibilitas, kualifikasi dan pendidikan yang relate dengan topic yang ditulis.

misal lotion pemutih yang nulis tukang bengkel

AUTHORITATIVNESS

Reputasi website dikalangan pakar atau influencer, kewenangan seseorang dalam membahas topic YMYL

Misal: website punto, or website monica anggen

authoritativness bukan sekedar backlink, misal kalian di forum, di tik tok  interaksinya

TRUSTWORTNESS

Bangun rasa percaya users terhadap kontennya, seperti menghindari praktik-praktik cloacking atau konten yang menipu. lampirkan source. Jika diberikan link pakai no follow

SCHEME DATA adalah sebagai jembatan antara google untuk membaca website kita secara lebih detail lagi. Ada 5 bahasa yang dimengerti. Menjadi poin website kita ditampilkan lebih kaya. buka hanya meta title aja tapi ada tagline-tagline tertentu.

ARTICLE

Membantu google memahami jenis dari postingannya adalah article. Property “headline, author, datePublished, image, articleBody”

BLOG POSTING

Spesifik untuk  postingan blog dan merupakan subtype dari article. Contoh property headline, mainentity On Page, author, date Published, dateModified, image, articleBody.

Jujur rasanya aku perlu tutorial lebih untuk bikin skema karena kok kayanya susah, aku nggak paham (mungkin pengaruh juga karena faktor usia)

PERSON

Digunakan untuk penulis atau contributor di blog, contoh propertynya name, url, same As

WEBSITE

Mengindentifikasi keseluruhan situs web blog. Contoh property : url, name, potentialAction 9seperti Search Action untuk menambahkan kotak pencarian)

Worth to implement: Breadcrumb, review, imageObject, VideoObject

CONTENT MAPPING

Meliputi topic cluster, content cluster,lingking strategy semua di bahas detail sama mas Miftahul 


Content performance



Serp layout

Perhatikan kondisi SERP demi bisa memaksimalkan visibilitas content

USERS INDICATOR

temukan metric yang dapat menginterpretasikan kepuasaan users agar dapat dilakukan evaluasi ke depannya. 

Masih panjang lagi pembahasannya guys next artikel aku sambung lagi yaa, 

 

 

 

 

 


4 comments:

  1. Valuable information. Thanks I discovered this awesome website here.

    ReplyDelete
  2. I'll bookmark it and come back to read more of your useful info. Thanks for the post.

    ReplyDelete
  3. It was definitely informative article you've done. This site is very useful. Thank you

    ReplyDelete
  4. Enjoyed reading the article above, the article is very interesting and effective.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Gardenia Glow Body Lotion Anti Ribet Bikin Glowing Setiap Hari

Siapa yang suka ngerawat wajah saja, tapi suka lupa ngerawat badan?” Jangan… Dek yaa, segera tobat kalau nggak mau  penuaan dini. Sejatinya ...